Apa itu FTP dan Fungsinya Lengkap

apa itu ftp file transfer protocol

Apa itu FTP (File Transfer Protocol) dan fungsinya

FTP merupakan protokol yang bisa berfungsi untuk saling menukar file dalam sebuah jaringan yang mendukung protokol TCP/IP Yang terdiri dari client (pengguna) dan server (pusat data) untuk memberikan akses untuk bertukan file/data pada sebuah komputer jaringan lokal maupun transfer data yang terjadi dari di komputer kita ke FTP server melalui internet.

Agar lebih mudah dipahami adalah FTP merupakan cara untuk kita bisa sharing dan berbagi, melihat bahkan menukar file/data di dalam jaringan internet. FTP sering kali digunakan sebagai pengguna internet terutama untuk upload dan juga download data, file, software dan masih banyak lagi kegunaanya.

Apa itu File Transfer Protocol (FTP Server)

File Transfer Protocol FTP server seperti namanya merupakan komputer utama (server) pusat data untuk menyimpan file – file yang di simpan dan yang ditugaskan untuk menjalankan software atau perintah yang digunakan dalam proses menukar file apabila ada permintaan dari FTP Client (user pengguna).

Fungsi dari File Transfer Protocol  (FTP server) sebagai berikut

  1. Sharing atau berbagi data.
  2. Indirect atau remote komputer.
  3. Menyediakan tempat untuk menyimpan data bagi pengguna (user).
  4. Tempat untuk mentransfer data yang efisien dan mudah digunakan.
  5. FTP bisa digunakan untuk backup (mengamankan data) maupun restore (mengembalikan data) pada sebuah website dengan mudah dan cepat.

Apa itu File Transfer Protocol (FTP Client)

ftp client  adalah Sebuah komputer pengguna yang mengirim permintaan ke server utama (koneksi ke FTP Server) untuk membaca ataupun menukar file yang ada pada komputer utama (upload download data/file).

Cara Mengakses FTP

Ada banyak cara jika kita ingin mengakses FTP File Transfer Protokol dengan mudah, karna ftp ini sangat banyak digunakan pada sistem operasi Linux, Windows dan juga mac OS.

  • Dengan web browser dengan mengetikan di address bar ( ftp:// ip_address_kalian ).
  • Menggunakan sebuah software FTP client (contoh : filezilla, cyberduck, dll).

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang File Transfer Protocol yang dapat kita bagikan, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan memberi komentar, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang. trimakasih

Tinggalkan Balasan