human machine interface dan cara kerjanya

tutorial PLC - Human Machine Interface pada industri

Apa itu HMI human machine interface pada PLC Programmable Logic Controllers ?

Pada tutorial Otomasi PLC kali ini kita akan belajar tentang HMI (Human Machine Interface). ini berawal dari beberapa saat yang lalu saya mendapat tugas pekerjaan untuk menemani teman memperbaiki mesin potong kertas yang sudah di modif menggunakan PLC, dari situlah kekepoan saya tentang HMI dimulai. Human Machine Interface, suatu perangkat sistem yang menghubungkan antara pengguna atau manusia dan teknologi mesin. Sistem HMI ini sebenarnya sudah cukup popular di kalangan industri. Pada umumnya HMI berupa komputer dengan display di Monitor CRT/LCD dimana kita bisa melihat keseluruhan sistem dari output layar tersebut.

HMI terkadang juga dilengkapi dengan keyboard dan mouse namun terkadang juga berupa model touch screen. Setahu saya model-model yang baru adalah touch screen. Tujuan dari HMI sendiri adalah untuk memudahkan interaksi antara perangkan mekanik mesin dengan pengguna user atau operator melalui tampilan layar komputer. HMI akan memberikan suatu tampilan melalui layar berupa kondisi mesin, bisa berupa video, grafik, lampu dan masih banyak yang lain. Dimana pada tampilan yang muncul pada layar monitor tersebut operator dapat melihat parameter suatu system yang sedang beroperasi. Dan juga Terdapat banyak cara untuk membuat sebuah tampilan pada HMI. Bisa membuat dengan aplikasi Visual Studio hingga dengan Hardware Touch Screen Panel.

Cara kerja HMI (human machine interface) dalam dunia industri

HMI industri menjalankan keseluruhan perintah dari yang sederhana sampai yang canggih dan perintah yang sangat kompleks. Fungsi atau spesifik suatu tampilan pada HMI sangat bervariasi dari satu perangkat ke perangkat atau mesin ke mesin yang lain, sebagian besar tergantung pada fungsi mesin itu sendiri dan kontrol apa saja yang diperlukan untuk menjalankanperintah tersebut. HMI datang dalam dunia industri dengan berbagai bentuk termasuk:

  1. Touch sreen atau panel display
  2. Push button atau tombol dan sakelar
  3. Perangkat seluler
  4. Komputer dengan keypad, dll

Bentuk touch sreen atau layar sentuh, tombol dan sakelar, dan keypad digunakan untuk memudahkan pengguna operator memasukkan informasi atau menginput perintah memulai tindakan. HMI juga dapat menampilkan informasi kepada pengguna operator bisa melalui lampu indikator (biasanya digunakan untuk memberi tanda apakah mesin sedang dinyalakan atau jika ada fungsi tertentu sedang dijalankan) serta berbagai pilihan yang lain seperti pengukuran dan dasbor yang rumit, yang menampilkan metrik dan data penggunaan yang sangat terperinci. Dengan HMI dapat menyampaikan input dan output secara bolak-balik untuk memungkinkan operator berkomunikasi dan memantau mesin yang sedang bekerja. Beriku fungsi lain dari HMI :

  1. HMI di tugaskan untuk Mengawasi, dimana kita dapat mengawasi kondisi plant ataulokasisecara real time tanpa perlu keluar dari ruang kontrol.
  2. Pengaturan pada HMI (berdasarkan level keamanan) dimana kita dapat merubah pengaturan misal pengaturan alarm untuk high priority dan low priority.
  3. Alarm, disediakan Alarm History dan Summary. Sehingga nantinya kita bisa memilih alarm-alarm apa saja yang aktif dan bisa mendapatkan alasan atau pesan kenapa suatu sistem tiba-tiba mengalami trip atau mati.
  4. Menampilkan grafik dari sebuah proses yang berjalan, misal temperatur dari sistem yang bersangkutan.

Hubungan PLC dan HMI

cara kerja Human Machine Interface HMI – PLC – PC
Ref Gambar : jagootomasi.com

HMI Touch Screen Panel atau layar sentuh juga diproduksi oleh banyak merk perusahaan otomasi seperti Omron, Mitsubishi, Keyence, Siemens, weintek dan masih banyak yang lainnya dimana diperlukan software khusus untuk pengisian programnya. HMI umumnya dipasangkan dengan PLC, namun demikian keduanya tidak selalu harus berasal dari merk yang sama, asalkan memiliki tipe komunikasi yang sama. Seperti yang sedang saya pelajari ini menggunakan PLC mitsubishi type FX dengan touch screen merek weintek type MT8071iE mesin yang di modif adalah mesin potong pollar 115.

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan tentang tutorial otomasi HMI, tentunya akan masih banyak lagi yang akan saya bahas tentang dunia otomasi dan cerita saya saat memperbaiki mesin potong pollar 115 ini. Jadi jangan lewatkan artikel dan video terbaru kami.

Tinggalkan Balasan