10 Cara Mempercepat Kinerja windows 7 Agar tidak dan Lemot

10 cara mempercepat kinerja windows 7

Walaupun saat ini sudah ada windows 8, windows 8.1 dan windows 10 yang banyak di minati oleh pengguna, namun masih banyak sekali orang yang belum mau move on dari windows 7 ini. Tentunya setiap orang mempunya alasan tersendiri untuk tetap setia kepada windows 7 menginat windwos 7 perfomanya lebih  bagus dan  kompatibilitas dibanding dengan windows 8 dan windows 10, karna itulah 10 Cara Mempercepat Kinerja windows 7 Agar tidak Lambat dan Lemot sangat Penting.

Termasuk itulah alasan saya tetap setia dengan windows 7, selain karna laptop saya termasuk laptop yang lama dengan spesifikasi yang biasa biasa saja akan sangat berat dan lambat jika saya paksakan memakai windows 10, saya memakai windows 7 saja sudah terasa berat apalagi saya ganti ke windows 10.

Cara mempercepat kinerja windows 7 yang lemot dan lambat :

Menghapus Temp dan sampah tersembunyi

Cara mempercepat kinerja Windows 7 yang pertama dengan menghapus file Temporari atau sampah yang tersembunyi di laptop atau komputer anda, dengan cara membukan perintah RUN pada windows dengan tekan tombol Windows + R pada Keyboard > maka akan muncul jendela RUN

Hapus File Temp untuk mempercepat kinerja komputer windows

Open : %temp% > OK dan hapus semua yang ada disitu. Dan yang kedua lakukan hal yang sama dengan mengetik temp tanpa tanda % > OK dan hapus semua file temp yang ada. Cara ini aman untuk menghapus file sampah yang tidak di gunakan untuk mempercepat kinerja laptop maupun komputer.

Jika kalian ragu dapat melihat Video Berikut.

Cek Virus, malware dan Spyware pengganggu

Salah satu faktor yang dapat membuat komputer anda lambat adalah virus, malware, spyware, dan sebagainya. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki anti virus dan anti malware di komputer Anda. Lakukan pemindaian secara berkala agar virus tidak masuk dengan sembunyi – sembunyi di komputermu.

Uninstall Bloatware / software tidak digunakan

Bloatware merupakan istilah yang merujuk kepada software yang sudah terinstal ketika Anda membeli PC atau laptop. Berbagai software tersebut biasanya banyak yang tidak dibutuhkan sehingga hanya menghabiskan ruang dan daya komputer saja. Beberapa software tersebut juga ada yang berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan sehingga akan memperlambat proses booting. Maka dari itu, software tersebut harus segera disingkirkan agar Windows 7 Anda bisa bekerja lebih cepat lagi. Caranya Anda hanya tinggal membuka Start Menu > Control Panel > Uninstall or change program, lalu uninstall software yang tidak digunakan tersebut.

Batasi Startup Process yang berjalan

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membatasi proses yang berjalan ketika Windows 7 dinyalakan. Caranya, ketik MSCONFIG di kolom pencarian lalu enter. Selanjutnya bukalah tab Startup di mana Anda akan melihat daftar proses dan aplikasi beserta pengaturannya.

Defrag Hard Disk

Cara mempercepat kinerja Windows 7 yang selanjutnya adalah dengan melakukan defrag hard disk. Sebenarnya Windows 7 sudah memiliki jadwal otomatis untuk melakukan defrag, namun terkadang komputer kita sedang dimatikan ketika jadwal tersebut tiba. Hasilnya, Windwos 7 akan melewatkan jadwal defrag tersebut.

Untuk melakukan defrag, silahkan buka Control Panel > System and Security, lalu pilih opsi Defragment and Optimize your drive yang terletak di bawah kategori Administrative Tools. Selanjutnya pilih drive yang akan didefrag lalu jalankan defragment. Di sana Anda juga dapat menjadwalkan kapan Windows 7 dapat melakukan defragment secara otomatis.

Ubah Power Settings

Windows 7 biasanya memberikan beberapa pilihan Power Settings yang akan mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan. Jika Anda menggunakan PC atau laptop yang terhubung dengan listrik, maka pilihlah opsi High Performance untuk mendapatkan performa laptop yang maksimal.

Bersihkan Hard Disk dengan dick cleanup

lakukan disk clean up untuk memperccepat kinerja pada laptop windows

Selain melakukan defrag, kita juga harus rajin membersihkan hard disk secara berkala. Caranya, buka Start menu > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Fitur Disk Cleanup ini akan membersihkan berbagai data sampah dari hard disk Anda seperti temporary file, offline web page, cache, recycle bin, dan lainnya.

Matikan Efek Aero

Efek Aero merupakan salah satu efek yang mempercantik tampilan Windows di windows. Namun fitur ini seakan menjadi pedang bermata dua karena di satu sisi akan mempercantik tampilan dan di sisi yang lain akan membuat performa komputer menjadi lambat.

Jika Anda lebih mementingkan performa, maka silahkan matikan saja fitur ini. Caranya, klik Start lalu klik kanan pada Computer, pilih properties > Advance system setting > tab advanced, lalu pada bagian performance klik setting.

Anda dapat memilih beberapa fitur yang ingin dimatikan atau diaktifkan. Jika ingin mendapatkan performa terbaik, maka pilihlah opsi “Adjust for best performance”. Opsi tersebut akan merubah total tampilan komputer Anda seperti layaknya Windows 2000.

Upgrade RAM

Dengan upgrade atau menambah RAM (Random Access Memory) sangat baik untuk mempercepat kinerja laptop anda, tentunya anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menambah hardware RAM karna harganya yang lumayan mahal untuk anak kostan.

Ganti Hardisk Dengan SSD

Cara mempercepat kinerja Windows 7 yang telakhir adalah dengan mengganti Hardisk anda ke SSD yang kecepatanya jauh lebih cepat di banding hardisk biasa. tentunya anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk Mengganti hardware SSD karna harganya yang lumayan mahal untuk anak kostan.

Itu tadi 10 cara efektif untuk mempercepat kinerja Windows 7 di laptop maupun komputer kesayanganmu yang dapat kalian lakukan. Tentunya cara ini sangat berguna untuk mempercepat kinerja laptopmu.

Tinggalkan Balasan