Menentukan Ukuran Kabel Instalasi Listrik Terbaik

cara Menentukan Ukuran Kabel untuk Instalasi Listrik

Yang paling mendasar dan penting dalam dunia elektro, listrik dan instalasi adalah bagaimana cara Menentukan ukuran kabel listrik yang aman, tepat dan benar, Apalagi kalau instalasi kita untuk industri yang besar kita harus memberikan yang terbaik, karna biaya untuk membeli kabel saja bisa jutaan bahkan sampai ratusan juta.

Kenapa Menentukan ukuran kabel listrik sangatlah penting ?

Menentukan kabel listrik sangatlah penting karna jika kita salah dalam menentukan jenis kabel listrik dan salah menentukan ukuran yang tepat untuk instalasi listrik akan berakibat fatal,bila ukuran kabel yang dipilih dan digunakan untuk instalasi terlalu kecil dan beban arus yang di hantarkan terlalu besar akan mengakibatkan suhu kabel menjadi panas, itu sangat bahaya, karna dapat menyebabkan kebakaran.

Jika kabel yang digunakan terlalu besar memang lebih aman, karna tidak ada resiko kabel menjadi panas, namun itu sebuah pemborosan. Karna biaya untuk membeli kabel dengan ukuran besar tidak murah dan bila itu dilakukan akan menjadi pemborosan biaya. Lalu bagaimana cara menentukan ukuran kebel listrik yang baik dan benar agar sesuai dengan yang dibutuhkan dengan biaya yang pass dan tidak boros.

cara menentukan ukuran kabel listrik yang benar ?

untuk menentukan kabel listrik agar ukurannya pas saat instalasi listrik, baik itu listrik 1 phase atau listrik 3 phase.

  1. Mengetahui terlebih dahulu beban arus dalam (ampere) yang akan dibebankan pada kabel tersebut. Jika belum tahu jumlah ampere yang dibutuhkan tunggu artikel saya selanjutnya yang akan menjelaskan cara menghitung ampere yang benar.
  2. Setelah beban maksimal arus ampere di ketahui, selanjutnya dapat melihat tabel KHA (Kemampuan Hantar Arus) di bawah ini.
Tabel KHA (Kemampuan Hantar Arus) instalasi listrik

Contoh untuk menentukan ukuran kabel listrik yang benar

Instalasi Listrik 1 (satu) phase

Instalasi listrik 1 phase yang memiliki beban maksimal 100 ampere, kita dapat menggunakan kabel yang memiliki kemampuan hantar lebih besar skitar 25% dari ampere, jika beban yang dibutuhkan tadi 100 ampere makan akan menjadi 125 ampere. Penambahan 25% dari yang dibutuhkan ini untuk membuat kabel tetap aman.

Kemudian bisa dilihat di tabel kemampuan hantar arus yang mampu menghantar arus sebesar 125 ampere yang mana, jika tidak ada yang pas 125 ampere maka kita bisa memilih yang terdekat, saya lebih menyarankan mengambil yang di atasnya yaitu 135 ampere dengan menggunakan kabel ukuran 35mm.

Jadi jika maksimal beban yang akan di tanggung itu 100 ampere maka lebih aman menggunakan kabel dengan ukuran 35mm.

Note : bisa saja menggunakan kabel ukuran 25mm, namun itu lebih resiko.

Instalasi Listrik 3 (tiga) phase

Jika untuk instalasi listrik 3 phase  juga sama seperti di atas, agar lebih aman menggunakan 25% lebih tinggi seperti yang dibutuhkan.

Demikian artikel teori yang bisa saya tulis untuk Menentukan ukuran kabel listrik instalasi yang aman. Karna dalam praktek di kehidupan nyata sering berbeda karna itu ikuti terus blog saya ini dan chanel youtube “Hei Joe”.

Tinggalkan Balasan