Perbedaan kW dan kVA dan cara menghitungnya

Perbedaan kW (kilo watt) dan kVA (kilo volt ampere) dan cara menghitungnya

Perbedaan kW (kilo watt) dan kVA (kilo volt ampere) dan cara menghitungnya Perlu diketahui terlebih dahulu KVA (kilo volt ampere) adalah satuan tegangan yang digunakan untuk mengukur tegangan kapasitas dari sebuah genset, dan perlu di ingat kVA itu berbeda dengan kW (kilo watt). kW adalah tegangan yang biasa digunakan PLN.

Perbedaan yang sangat utama dari kW (kilo watt) dan kVA (kilo volt ampere)

Faktor dan berbedaan utama daya KW (kilo watt) adalah sebuah satuan daya yang nyata sedangkan kVA (kilo volt ampere) ialah daya semu (atau satuan daya nyata ditambah dengan power aktif) faktor satuan daya bila ingin mengetahui dan menentukannya, karena itu untuk nilai perkiraan daya biasanya 0,8 dan nilai daya dari kVA akan selalu lebih tinggi dari nilai daya KW.

kW (kilo watt). kW adalah tegangan yang biasa digunakan PLN

Rumus menghitung kW & kVA

Yang Perlu diketahui adalah 1 kW (kilo watt) artinya adalah 1000 watt, 32 kW adalah 32000 watt (kalikan nilai daya dengan 1000. Dan perhitungan genset yang menggunakan kWA adalah dengan menggunakan rumus cos faktor, berarti 1 kWA adalah 0.8 KW (nilai perkiraan daya) atau sama dengan 800 watt. Contoh berikutnya jika 3 kVA adalah 24000 watt (jadi jangan sampai salah ya 3.0 KW bukan 3000 watt). Perbandingannya jika sebuah genset memiliki 100 kVA brarti kapasitasnya adalah 80kw dan jika di hitung dalam watt adalah 80000 watt.

Tinggalkan Balasan